Tips Mengamankan WiFi Router

3 Tips Mengamankan WiFi Router yang Mesti Kamu Ketahui

Tips Mengamankan Wifi Router - Banyak sekali faktor yang dapat mengakibatkan melambatnya koneksi internet di rumah kamu. Salah satunya biasanya berasal dari penyedia layanan masing-masing jaringan internet.

Tapi, kamu juga harus tau ada juga penyebab lain yang sangat jarang di sadari.

Jika pada rumahmu menggunakan jaringan Wireless router untuk menyebarkan internet, wireless router yang sedang digunakan bisa saja menjadi salah satu dari penyebab melambatnya koneksi internet.

Ini terjadi karena mungkin rumah kamu telah menjadi korban pencurian akses jaringan internet oleh pihak tertentu yang tak bertanggung jawab.

Maka dari itulah sistem pengamanan wireless router sangat sekali diperlukan. Untuk melakukan tindakan pencegahan ternyata caranya begitu mudah.

Berikut Ini Tips Mengamankan WiFi Router yang Mesti Kamu Ketahui


1. Masuk ke menu admin panel router

Untuk melakukan pengecekan tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke admin panel router. Seperti gambar berikut

Sumber : www.TP-link.us
Yang umumnya sering dilakukan orang-orang adalah ketik ip 192.168.1.1 atau 192.168.2.1 pada bar alamat firefox peramban.

Kalau ini tak kunjung berhasil, untuk melakukan pengecekan alamat IP admin panel router secara manual kamu bisa dengan cara klik tombol start pada pojok kiri bawah layar, di kolom search kemudian ketikan CMD lalu ketik ipconfig.

Nah, setelah itu nanti akan muncul tampilan informasi koneksi jaringan di pc kamu. Di bagian baris terakhir “Default Gateway” adalah alamat IP dari admin panel router. Lalu Kemudian, ketik alamat IP tersebut di bar alamat peramban untuk bisa akses ke admin panel router.

2. Lakukan tindakan pengecekan MAC Address

Setelah berhasil masuk ke admin panel router, Selanjutnya adalah mengidentifikasi perangkat mana saja yang terhubung ke WiFi router kamu.

Setiap perangkat yang terhubung ke WiFi, informasi MAC Address perangkat tersebut pasti akan bisa terlihat di admin panel router.

Tampilan admin panel setiap brand router pasti akan berbeda-beda jenisnya. Tapi, pada umumnya urutan informasi MAC Address ini bisa terlihat di bagian Wireless Configuration, Wireless Status, atau di bagian DHCP client.


Sumber : www.TP-link.us
Pada menu inilah kamu bisa melihat perangkat mana saja yang sedang terhubung ke WiFi dan melakukan identifikasi.

Kamy bisa hitung jumlah perangkat yang terhubung ke WiFi router. Seperti misalnya, dirumah kamu hanya ada 4 perangkat yang terhubung ke WiFi tapi di panel tampilan tersebut tercatat ada 5 perangkat yang terhubung, Artinya dipastikan ada penyusup yang mencuri koneksi jaringan internet dirumah kamu.

DOWNLOAD APLIKASI PENGUAT WIFI UNTUK ANDROID
-DOWNLOAD APLIKASI PEMBOBOL WIFI UNTUK ANDROID

3. Cegah dan Hentikan dengan Segera

Untuk dapat menghentikan aksi pencurian WiFi ini, kamu wajib memperketat akses jaringan wireless router. Skenarionya juga bisa berbeda-beda.

Jika pada wireless router belum memiliki keamanan password, segeralah kamu pasang password di wireless routermu. Dan, misalkan wireless router sudah di password namun masih menggunakan password bawaan pabrik, kamu pun diharusakan wajib sekali untuk mengubah password tersebut sesuai yang kamu inginkan agar tidal ada orang yang tahu.

Untuk bisa mengubah password, caranya pergi ke admin panel wireless router ini masuklah kamu ke bagian pengaturan keamanan. Pada umumnya mengganti atau menambah kata dalam password bisa juga ditemukan di bagian PSK atau Pre Shared Key.

Sumber : www.TP-link.us
Setelah berhasil mengubah password di wireless router secara otomatis perangkat yang terhubung akan langsung terputuskan. Jadi, perangkat kamu yang ada di rumah kamu harus dihubungkan kembali ke wireless router dengan menggunakan password yang baru saja dibuat agar dapat kembali terhubung ke internet.

Sumber : www.TP-link.us
Supaya makin lebih aman, cara penggantian password ini saya sarankan bisa dilakukan secara periodik.

Kamu juga boleh melakukan penggantian nama hotspot router wireless yang umumnya bisa diakses melalui menu di bagian Service Set Identifier (SSID) sesuai selera yang diinginkan.


Untuk kamu yang tentu saja gamau repot melakukan semua langkah diatas, tak ada salahnya berinvestasi ke perangkat wireless router yang memiliki sistem pengamanan yang sangat tinggi. Wireless router yang menggunakan sistem enkripsi WPA2 bisa menjadi salah satu saran dan solusi yang lebih praktis.

Selain dapat mengantisipasi pencurian jaringan WiFi, Tips yang sedang saya berikan ini pun bisa menghindari rumahmu dari beragam tindak kejahatan cyber crime lain yang memanfaatkan koneksi jaringan internet kamu seperti halnya pencurian data, penyebaran virus kedalam perangkat atau bahkan melakukan tindakan ilegal lain yang melanggar hukum.

Dan pada akhirnya, masalah keamanan pada wifi router ini memang terus menuntut sang pengguna untuk lebih proaktif dan sadar akan bayaknya bahaya  kejahatan cyber yang mungkin kapan saja bisa menyerang kamu.

Demikianlah artikel dari saya mengenai 3 Tips Mengamankan WiFi Router.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba!

0 Response to "Tips Mengamankan WiFi Router"

Post a Comment